Screenshoot 1

Sabtu, 25 Mei 2013 | Bank | MW

Dinilai Embrio UMKM, BRI Dukung Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyatakan komitmen untuk mendukung penuh pengusaha kecil di Indonesia, termasuk bagi pedagang kaki lima melalui dukungan terhadap program Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL).

Adapun program ini dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Ditjen Bangda), yang akan dilakukan di beberapa provinsi di Indonesia. Untuk program pertama akan dilaksanakan di Kota Batam yakni melalui penataan dan pemberdayaan PKL di Kawasan Square 91 Kota Batam.

“Bank BRI memberikan bantuan berupa 50 (lima puluh) unit Gerobak bagi Pedagang Kaki Lima senilai Rp187,5 juta melalui Program BRI Peduli Penataan Sarana Umum,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali, di Batam, Jumat, 24 Mei 2013, seperti dilaporkan infobanknews.

Ia menjelaskan, melalui program ini BRI juga ikut mendukung program Pemerintah Kota Batam untuk melakukan penataan di sekitar wilayah Kota Batam untuk menarik lebih banyak wisatawan yang akan berkunjung, seiring dengan perkembangan kota Batam yang makin dikenal sebagai salah satu sentra bisnis di Indonesia.

“Program ini juga sejalan dengan program Corporate Social Responsibility(CSR) BRI untuk memberdayakan UMKM, dimana mereka sebenarnya adalah embrio bagi bisnis UMKM. Nantinya diharapkan dapat menjadi bagian dari sasaran pengembangan bisnis BRI melalui Unit Kerja BRI setempat,” tuturnya.

Ia berharap, bantuan ini dapat meningkatkan kebersihan, ketertiban, dan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin berbelanja di Batam, yang nantinya akan berimplikasi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dari Pedagang Kaki Lima di Batam.

Sebagai informasi, kegiatan pengembangan pedagang kaki lima merupakan bentuk rangkaian sosialisasi Perpres No.125 tahun 2012 tentang Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima yang akan dimulai pada tanggal 21 sampai 25 Mei 2013 di Kota Batam. Acara di Batam sendiri dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perdagangan, Direktur Bisnis UMKM BRI Djarot Kusumayakti, serta Walikota dan Bupati Terpilih berikut Pedagang Kaki Lima Binaan Dinas Terkait seluruh Indonesia.

Adapun melalui program Bina Lingkungan atau CSR ini, perseroan telah menggelontorkan Rp18,5 miliar, yang terdiri dari realisasi Bina Lingkungan di bidang pembangunan sarana umum sebesar Rp1,1 miliar, bantuan bencana alam sebesar Rp1 miliar, bidang pendidikan Rp11,1 miliar, bidang kesehatan Rp3,2 miliar, pembangunan sarana ibadah Rp1,5 miliar dan bidang pelestarian lingkungan sebesar Rp433 juta. (rei)